Rabu, 16 Juli 2014

Dasar-Dasar Digital

Teknik Digital digunakan untuk menampilkan mengirim dan memproses informasi data menggunakan bilangan (biner).Hampir semua rangkaian digital direncanakan  untuk beroperasi pada dua pernyataan dan berbentuk gelombang kotak (pulsa). Kalau dua pernyataan disamakan dengan tegangan maka akan didapat dua besaran tegangan yang berbeda pada dua pernyataan tersebut.
Pada umumnya rangkaian digital menggunakan komponen DTL (Dioda Transistor Logic), TTL (Transistor-Transistor Logika), dan CMOS (Complementry Metal Oxide Semiconductor).

              Rangkaian digital biasanya terdiri dari berbagai gerbang yang mempunyai fungsi logikaa yang berbeda. Tiap gerbang yang mempunyai satu atau lebih masukan dan keluaran .Yang paling penting dari gerbang-gerbang tersebut apa yang dinamakan dangan gerbang dasar (Basic Gates) terdiri dari gerbang fungsi logikaa DAN, ATAU, TIDAK (AND, OR, NOT Gates). Dengan menghubungkan gerbang-gerbang pada berbagai cara, bisa membangun rangkaian berfungsi Aritmatik atau fungsi lainnya sesuai dengan kemampuan intelegensi personalnya.

Recent Post