Selasa, 12 Oktober 2010

LDR (Light Dendent Resistor)

Light Dependent Resistor (LDR) termasuk jenis sensor cahaya yang memiliki fungsi untuk mendeteksi cahaya. Sebelumnya telah dijelaskan mengenai fotodiode dan fototransistor dalam blog ini. Ketiga komponen ini merupakan jenis sensor cahaya. Namun masing-masing komponen tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Untuk kali ini akan dibahas mengenai LDR, sedangkan untuk yang lain bisa di buka di kategori sensor. LDR terdiri dari sebuah cakram semikonduktor yang mempunyai dua buah elektroda pada permukaannya. Simbol LDR dapat dilihat disamping, sedangkan untuk bentuk dari LDR di bawah ini.



Pada saat gelap atau cahaya redup, bahan dari cakram tersebut menghasilkan elektron bebas dengan jumlah yang relatif kecil. Sehingga hanya ada sedikit elektron untuk mengangkut muatan elektrik. Artinya pada saat cahaya redup LDR menjadi konduktor yang buruk, atau bisa disebut juga LDR memiliki resistansi yang besar pada saat gelap atau cahaya redup.

Pada saat cahaya terang, ada lebih banyak elektron yang lepas dari atom bahan semikonduktor tersebut. Sehingga akan ada lebih banyak elektron untuk mengangkut muatan elektrik. Artinya pada saat cahaya terang LDR menjadi konduktor yang baik, atau bisa disebut juga LDR memiliki resistansi yang kecil pada saat cahaya terang.

Recent Post