Rabu, 08 September 2010

DIODA


Dioda adalah salah satu komponen yang mengandung bahan semi konduktor yang dibuat dari bahan yang disebut PN Juntion, yaitu suatu bahan campuran yang terdiri dari bahan positif (P type) dan bahan negative (N type). Dioda memiliki 2 buah kaki yang disebut dengan anoda (kutup positif) dan katoda (kutub negative). Pada dioda arus hanya mengalir dari kutup anoda menuju katoda. Gambar disamping merupakan simbol dari dioda.
Dalam prakteknya dioda berfungsi sebagai :
1. Penyearah arus pada tegangan listrik
2. Pengaman arus pada tegangan listrik
3. Dapat memblokir arus pada tegangan listrik

MACAM MACAM DIODA

Dalam bidang elektronika berdasarkan kegunaan kita mengenal 2 macam jenis dioda yaitu :
1. Dioda umum
2. Dioda khusus

DIODA UMUM

Yang dimaksud dioda umum adalah dioda yang biasa dipergunakan dalam rangkaian, misalnya sebagai perata tegangan. Jenis dioda umum diantaraanya :
1. Dioda germanium
2. Dioda selenium
3. Dioda Kuprok
4. Dioda silikon
5. Dioda rectifier

DIODA GERMANIUM


Dioda germanium terbuat dari germanium. Dioda inipaling banyak digunakan pada rangkasian pesawat penerima radio pada bagian detector.

DIODA SELENIUM

Disebut dioda seleniumkarena terbuat dari selenium. Pada umumnya dioda jenis ini banyak digunakan sebagai perat dalam rangkaian power supply. Sifat dari dioda seleniumini memiliki kemampuan dialiri tegangan yang cukup besar. Dan kelemahannya adalah tidak mampu dialiri arus yang cukup besar.


DIODA KUPROK (CUPROK)

Nama kuprok adalah singkatan dari Cupper Oxigen atau bahan tembaga yang sudah dioksidasi dengan oksigen. Dioda kuprok ini sebenarnya terdiri dari beberapa dioda yang disusuan berlapis-lapis dan memiliki sifat dapat dialiri arus yang besar maupun tegangan yang kecil.

DIODA SILIKON

Sesuai dengan namannya dioda ini terbuat dari silicon yang mampu dialiri arus dan tegangan yang cukup besar, sehingga dioda jenis ini dapat digunakan sebagai perata dalam rangkaian power supply.

DIODA RECTIFIER

Dioda ini dirancang khusus agar mampu mengalirkan tegangan dan arus yang besar. Untuk keperluan tersebut dioda ini berbentuk mirip seperti baut dan konstruksinnya dibuat dari bahan logam yang dapat dipasang langsung pada plat alumunium.

DIODA KHUSUS

Yang dimaksud dengan dioda khusus adalah, dioda yang karena sifat-sifatnya dapat dipergunakan untuk keperluan suatu rangkaian tertentu dan bersifat kompleks. Jenis jenis dari dioda khusus antara lain :
1. Dioda zener / zener dioda
2. Dioda Diac
3. Dioda Varactor
4. Dioda LED
5. Dioda Triac
6. Dioda fotosel

DIODA ZENER

Pada umumnya digunakan sebagai penstabil tegangan. Pada umumnya digunakan pada rangkaian power supply. Sebagai penyetabil dioda zener memiliki pembatas tegangan, misalnya 5 volt, 6 volt, 12 volt, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.

DIODA LED

LED adalah singkatan dari Light Emitting Dioda atau dioda yang dapat memancarkan cahaya apabila dialiri arus listrik. Cahaya yang dihasilkan oleh dioda ini bermacam-macam, ada yang berwarna kuning, hijau, merah. Sebagai bahan dasarnya daibuat dari silicon atau germanium. Karena memiliki warna yang warna-warni, maka LED ini banyak digunakan sebagai Pilot lamp atau sebagai lampu reklame atau hiasan

DIODA DIAC

Diac adalah singkatan dari Dioda Alternating Curent. Jadi sesuai dengan namannya dioda diac dapat dialir arus listrik. Dioda ini terdiri dari 2 buah dioda yang berlawanan.

DIOA TRIAC

Triac adalah singkatan dari Trioda Alternating Curent. Dalam elektronika triac umumnya digunakan sebagai pengendali, pengontrol dan sekaligus sebagai pengatur arus bolak balik.

DIODA VARACTOR

Dioda varactor adalah sebuah dioda yang dilengkapi dengan kapasitor sehingga kapasitor tersebut akan dimuati arus listrik apabila ada arus yang mengalir melalui dioda tesebut. Dalam rangkaian dioda varactor digunakan sebagai komponen penyesuai frekuensi.

DIODA FOTOSEL

Adalah dioda yang nilai tahanannya berubah apabila permukaannya kena cahaya. Besar kecilnya perubahan tergantung pada besar kecilnya cahaya yang mengenai permukaan dari fotosel. Dioda fotosel banyak digunakan untuk sensor rangkaian alarm, lampu taman dan lain-lain.

Recent Post