Sabtu, 25 September 2010

Line Tracer Sederhana

Line Tracer robot atau Line follower robot adalah robot yang bisa bergerak (mobile) mengikuti jalur panduan garis. Garis pandu yang digunakan dalam hal ini adalah garis putih yang ditempatkan diatas permukaan berwarna gelap,ataupun sebaliknya, garis hitam yang ditempatkan pada permukaan berwarna putih (cerah).

Aplikasi dari robot Line Follower untuk masa depan manusia adalah, Pada kendaraan seperti mobil saat ini yang masih menggunakan kemudi secara manual, namun kedepannya diharapkan, ada mobil yang menggunakan kemudi otomatis,yang prinsip kerjanya sama dengan robot line follower yaitu, dengan cara mengikuti garis di jalan raya.


Cara kerja Line Follower Robot dimulai dari bagian sensor yang mendeteksi garis pandu/lintasan.Tiap-tiap warna permukaan lintasan memiliki kemampuan memantulkan cahaya yang berbeda-beda.Warna putih memiliki kemampuan memantulkan cahaya lebih banyak. Sebaliknya, warna-warna gelap memiliki lebih sedikit kemampuan memantulkan cahaya. Sensor yang digunakan dalam line follower robot adalah jenis dioda LED (Light Emiting Diode) dan photodioda. LED (Light Emiting Diode) digunakan sebagai Pemancar cahaya, garis-garis dalam lintasan digunakan sebagai media pemantulan cahaya dari LED(Light Emiting Diode), lalu cahaya yang dipantulkan oleh garis diterima atau diserap oleh photodioda, hal ini menjadi dasar dari sensor pendeteksi garis.

Skema Rangkaian Line Tracer yakni:


Recent Post